Tips Menjawab Soal pada Tes TOEFL Online secara Efektif

Tips Menjawab Soal pada Tes TOEFL Online secara Efektif

Banyak orang menganggap tes TOEFL online memiliki soal-soal yang sulit. Maka dari itu, diperlukan belajar yang rajin agar nantinya mendapatkan hasil nilai terbaik. Minimal mendapatkan target nilai yang ingin didapatkan.

Belajar tidak cukup bila tidak diimbangi dengan menjaga kesehatan tubuh. Dikhawatirkan ketika terlalu memforsir diri untuk belajar malah ketika hari H ujian tidak bisa mengerjakannya secara maksimal.

Selain menjaga kesehatan tubuh, ketika mengerjakan soal juga harus seefektif mungkin. Hal ini mengingat pengerjaan soal setiap sesi terbatas oleh waktu. Agar nantinya ketika menjawab seluruh soal berjalan lancar, ikuti beberapa tips berikut ini.

Beberapa Tips Menjawab Soal pada Tes TOEFL Online secara Efektif Mudah Dilakukan

Walaupun sudah rajin belajar, ketika tidak tepat dalam menjawab setiap soal yang diajukan dalam ujian TOEFL, menjadi percuma. Bagaimanapun juga yang dibutuhkan adalah nilai akhir ujian. Inilah beberapa tips menjawab soal-soalnya yang bisa Anda coba terapkan:

        1. Memahami dengan Baik Format Ujian

Tips pertama, pahami dengan baik format ujian dari tes TOEFL online yang akan dilaksanakan. Ada empat format ujian TOEFL, meliputi writing, speaking, reading serta listening. Jenis pertanyaan setiap format tersebut berbeda.

Strategi untuk mengerjakannya juga berbeda-beda, sehingga sangat penting memahaminya dengan baik. Pemahaman yang baik akan membantu Anda menemukan strategi tepat untuk setiap bagian dan alokasi waktu belajar menjadi lebih efisien.

        2. Hindari Fokus dengan Kata Asing

Dalam mengerjakan tes ini pasti akan menemukan kata-kata asing yang belum pernah diketahui atau didengar sebelumnya. Karena terbatas waktu, jangan terlalu fokus dengan kata asing tersebut. Bila memang terjadi, jangan langsung panik.

Solusinya adalah baca kalimat secara keseluruhan untuk memahami maknanya. Dengan metode tersebut, Anda akan mengetahui makna dari sebagian besar katanya. Jadi, kata asing bisa ditebak artinya.

        3. Tidak Stuck pada Satu Pertanyaan

Mengingat ada banyak pertanyaan yang harus dijawab pada tes TOEFL online, jangan membuang-buang waktu untuk hal tidak penting. Hindari stuck pada satu pertanyaan yang dianggap sulit dalam waktu terlalu lama.

Bila memang terasa sangat sulit, sebaiknya beralih ke pertanyaan lain agar tidak banyak waktu terbuang. Baru setelah itu, ulangi mengerjakan pertanyaan sulit tersebut lagi bila semuanya sudah selesai dan masih ada sisa waktu untuk mengerjakannya.

        4. Berhati-hati dengan Distractors pada Soal Listening

Pada soal listening, Anda akan menemukan kata distractors yang pelafalannya hampir sama. Aksen mengecoh tersebut terdengar mirip saat diucapkan oleh native speaker. Tips menghadapinya adalah rutin berlatih berbagai bentuk dialog listening.

        5. Baca dan Dengarkan Soal dengan Cermat

Agar lebih efisien dari segi waktu pengerjaan, sebaiknya sejak awal baca dan dengarkan soal dengan cermat. Tujuannya agar tidak perlu khawatir bila tidak ada waktu untuk meneliti jawabannya lagi karena sudah dijawab semaksimal mungkin sejak awal.

        6. Memakai Teknik Skimming Scanning

Tips menjawab pertanyaan pada tes TOEFL online lainnya adalah gunakan teknik skimming dan scanning. Teknik ini bisa dipakai pada soal reading. Skimming mempermudah Anda mengetahui gambaran umum teks dengan cepat.

Sedangkan scanning memudahkan dalam proses menemukan informasi penting tertentu dalam teks dengan cepat. Skill seperti ini sangat membantu penyelesaian soal menjadi lebih efisien.

        7. Menambah Bendahara Kosa Kata

Sangat penting menambah bendahara kosa kata mengingat dalam soal tentu akan menemukan lebih banyak kosa kata baru. Bila perlu buat daftar catatan kosa kata baru tersebut untuk memudahkan proses penghafalan.

        8. Tetap Tenang dan Percaya Diri Selama Mengerjakan Soal

Tips terakhir, jawab setiap pertanyaan dengan tenang dan percaya diri hingga selesai. Jangan panik karena hanya akan mengganggu konsentrasi Anda. Dampaknya, proses pengerjaan soal tidak maksimal.

Mengerjakan soal TOEFL memang harus cepat karena terbatas waktu. Tapi, bukan berarti terburu-buru dan asal dalam menjawabnya. Pastikan kecepatan dalam menjawab soal tes TOEFL online disertai dengan ketepatan agar mendapatkan hasil nilai terbaik.


Leave a Reply