Ragam Tips Belajar TOEFL yang Efektif Sebelum Ujian

Ragam Tips Belajar TOEFL yang Efektif Sebelum Ujian

Penting untuk belajar TOEFL yang efektif sebelum ujian dimulai agar mendapatkan hasil skor memuaskan sesuai harapan. TOEFL merupakan ujian yang perancangannya bertujuan mengukur skill bahasa Inggris seseorang.

Tes ini diperlukan sebagai salah satu syarat mendaftar di universitas dan perusahaan luar negeri. Beberapa negara mewajibkan pelampiran sertifikat TOEFL sebagai salah satu syaratnya. Biasanya ada minimal skor harus dipenuhi.

Bila tidak memenuhi, akan langsung gagal pada seleksi berkas. Skor tinggi atau memenuhi minimal yang dibutuhkan berpotensi besar didapatkan bila disertai persiapan matang. Salah satu persiapan matangnya berupa belajar efektif sebelum hari H ujian tiba.

Beragam Tips Belajar TOEFL yang Efektif Sebelum Ujian

Belajar secara efektif memberikan pengaruh cukup signifikan terhadap skor yang nantinya diperoleh. Sebelum melangsungkan ujian, Anda bisa mencoba menerapkan beragam tips berikut ini agar mendapatkan hasil TOEFL sesuai target:

        1. Memahami Format Ujian dengan Baik

Tips belajar TOEFL yang efektif pertama yaitu pahami dengan baik format ujiannya. Format ini bergantung pada jenis TOEFL diambil. Sebagai contoh jenis IBT, penting untuk memahami prosedur tes daringnya dengan baik.

Selain itu, juga penting memahami apa saja jenis pertanyaan berkemungkinan muncul saat ujian. Tips satu ini akan memudahkan Anda dalam menentukan strategi belajar yang tepat sesuai kebutuhan tes.

        2. Memiliki Rutinitas Ideal

Dalam belajar, tidak bisa hanya satu atau dua kali saja. Tapi, perlu rutinitas ideal agar lebih siap menghadapi berbagai jenis pertanyaan. Pilih sistem belajar paling tepat sesuai kenyamanan Anda.

Belajar sistem kebut semalam hanya akan membuat otak dan tubuh terasa lelah. Akibatnya, saat ujian tiba tubuh terasa kurang fit dan materi yang dipelajari tidak masuk ke otak dengan maksimal. Disarankan belajar selama 3 hingga 6 bulan sebelum tes.

        3. Membaca Beragam Bentuk Materi

Tips belajar TOEFL yang efektif berikutnya, membaca beragam bentuk materi. Bisa buku, berita, artikel atau berbagai naskah berbahasa Inggris yang kemungkinan muncul dalam ujian TOEFL.

        4. Latihan Mendengarkan serta Berbicara

Agar lancar dalam sesi ujian listening dan speaking, Anda perlu mengasahnya secara rutin latihan. Bisa dengan cara mendengarkan podcast, berita, program televisi dan film berbahasa Inggris.

Sedangkan skill speaking bisa diasah melalui komunikasi dengan seseorang yang pandai berbicara bahasa Inggris. Seseorang tersebut nantinya bisa membantu mengarahkan, menilai dan memberikan saran terkait praktik berbicara Anda.

        5. Belajar Tata Bahasa serta Kosakata

Ujian TOEFL tidak terlepas dari tata bahasa atau grammar dan kosakata bahasa Inggris. Akan ada banyak kosakata asing yang kemungkinan ditemukan dalam soal. Maka dari itu, perlu memperluas kosakata dan memahami grammar dengan baik.

        6. Memperbanyak Latihan Soal

Tips belajar TOEFL yang efektif lainnya adalah memperbanyak latihan soal. Lebih spesifiknya latihan soal yang relevan dengan tes TOEFL. Kumpulan soal TOEFL bisa diperoleh dari buku maupun platform digital.

Akan lebih efektif lagi belajarnya bila mencoba latihan soal dalam bentuk simulasi. Dari simulasi tersebut, bisa langsung mengetahui gambaran tes sebenarnya seperti apa.

        7. Melakukan Evaluasi Terhadap Hasil Latihan

Setelah berlatih, penting untuk melakukan evaluasi. Bila dari hasil latihan ada beberapa bagian materi yang dianggap kurang maksimal, bisa ditingkatkan lagi belajarnya.

        8. Menguasai Teknik Waktu Pengerjaan

Tips terakhir yaitu kuasai teknik waktu pengerjaan. Penting diingat bahwa ujian TOEFL terbatas oleh waktu. Maka dari itu, sangat penting mengatur waktu pengerjaan soal dengan baik agar bisa selesai cepat dan tepat.

Belajar rutin memang perlu, tapi tetap harus memperhatikan kesehatan tubuh. Belajar dengan waktu secukupnya saja dan jangan lupa beristirahat. Belajar TOEFL yang efektif harus memperhatikan waktu istirahat.


Leave a Reply