Memahami Persyaratan Tes TOEFL ITP Umum dan Persiapannya

Memahami Persyaratan Tes TOEFL ITP Umum dan Persiapannya

Tes TOEFL ITP atau Institutional Testing Program merupakan tes yang menggunakan metode PBT atau paper based test atau memakai kertas dan pensil dalam pelaksanaan ujiannya. Tes jenis ini banyak dipakai oleh institusi pendidikan untuk memenuhi kebutuhan penempatan.

Selain itu juga digunakan sebagai evaluasi internal. Hasil tes ITP tidak mempunyai validitas skala Internasional seperti pada IBT. ITP dikeluarkan oleh ETS dan diberikan kepada institusi kredibel, tapi tidak diakui secara Internasional.

Fungsi ITP adalah sebagai syarat melamar pekerjaan atau memenuhi bidang akademis. Sebagian memakainya sebagai bahan tolak ukur menilai keefektifan dari kursus bahasa Inggris yang sedang diikuti. Bila tertarik dengan tes ini, pahami persyaratan dan persiapannya sebagai berikut.

Inilah Persyaratan Tes TOEFL ITP Umum

Beberapa kemampuan yang diujikan dalam ITP diantaranya reading, listening dan structure and written expression. Kisaran skor yang didapatkan ada diangka 310 hingga 677.

Membahas tentang persyaratan tes TOEFL ITP ada kemungkinan berbeda secara lebih detail antara lembaga penyedia satu dengan lainnya. Berikut ini beberapa persyaratan pelaksanaan tes yang umum diberikan dan harus dipenuhi oleh pendaftar:

  1. Mempunyai perangkat tes mumpuni yaitu komputer atau laptop yang sudah didukung Windows 10 atau 11. Bisa juga menggunakan MacOS. Jumlah RAM yang dimiliki perangkat minimal 4 GB. Perangkat wajib memiliki fitur webcam, kamera, speaker dan keyboard yang berfungsi dengan baik. Tes tidak bisa dilakukan memakai ponsel atau tablet.
  2. Mempunyai jaringan internet yang stabil dengan jumlah kuota minimal 5 GB. Akan lebih baik bila mempunyai cadangan internet saat pelaksanaan tes sebagai antisipasi bila tiba-tiba koneksi internet bermasalah.
  3. Peserta mampu mengoperasikan perangkat tes yang akan digunakannya untuk ujian dengan baik. Akan lebih baik bila menyediakan cadangan.
  4. Mengisi formulir yang berisikan data peserta dengan tepat.
  5. Sebelum tes mengumpulkan beberapa dokumen, seperti pas foto dan fotokopi KTP.
  6. Peserta harus mengikuti prosedur tes TOEFL ITP sesuai dokumen panduan yang sudah diberikan.
  7. Peserta sudah melakukan pembayaran dengan jumlah sesuai ketentuan.
  8. Bila terlambat mengikuti ujian sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan tidak diperbolehkan menyusul dan dianggap mengundurkan diri.

Mengenai persyaratan tersebut bisa saja berbeda antara lembaga pelaksana tes satu dengan lainnya. Maka dari itu, tanyakan terlebih dahulu kepada pelaksana detail persyaratannya agar tes bisa dilaksanakan dengan lancar dan minim kendala.

Beberapa Persiapan Mengikuti Tes TOEFL

Agar tes TOEFL ITP nantinya berjalan dengan baik, lancar dan memberikan hasil memuaskan, penting mengikuti beberapa persiapan. Inilah beberapa persiapannya yang bisa Anda terapkan:

        1. Belajar Materi

Persiapan pertama adalah belajar materi melalui berbagai sumber kredibel. Bisa melalui buku panduan resmi atau platform online terpercaya. Dalam aktivitas belajar, Anda bisa mempelajari jenis soal, struktur ujian serta strategi penyelesaian yang efektif.

Jadi, nantinya ketika belajar fokus dengan konsep materi yang diujiankan tersebut. Tidak perlu membuang-buang waktu untuk mempelajari materi yang kemungkinan besar tidak keluar saat tes.

        2. Banyak Latihan Soal TOEFL

Persiapan kedua yaitu memperbanyak latihan soal TOEFL. Dengan terbiasa berlatih soal beragam tipe, akan meningkatkan kesiapan dan kepercayaan diri saat menghadapi ujian.

Kepercayaan diri ini berpengaruh terhadap keyakinan dalam menjawab setiap soal. Setiap selesai berlatih soal, perlu melakukan evaluasi diri. Identifikasi bagian soal mana yang perlu ditingkatkan lagi belajarnya.

        3. Mempertimbangkan Ikut Kelas Persiapan

Persiapan terakhir atau ketiga adalah mempertimbangkan ikut kelas persiapan. Biasanya lembaga pelaksana menyediakan kelas seperti ini yang nantinya membantu para peserta dalam menerapkan strategi serta teknik menjawab soal dengan efektif.

Jangan menyia-nyiakan waktu yang Anda miliki sebelum ujian TOEFL dimulai. Persiapan matang, memahami persyaratan dengan baik dan senantiasa menjaga kesehatan akan berpotensi besar membuat tes TOEFL ITP yang Anda lakukan berjalan lancar.


Leave a Reply