Berikut Tips Lolos Tes TOEFL dan Memperoleh Nilai Bagus

Berikut Tips Lolos Tes TOEFL dan Memperoleh Nilai Bagus

Menerapkan tips lolos tes TOEFL akan membuat Anda berpotensi lebih besar untuk mendapatkannya. Dengan catatan, penerapannya dilakukan secara tepat dan maksimal. Ketika tidak optimal, akan membuat tingkat kelolosan menjadi lebih minim terjadi.

Banyak orang memiliki target ujian TOEFL mereka mendapatkan nilai bagus. Atau minimal memenuhi target yang diinginkan. Sebab, nilai tersebut akan sangat mempengaruhi pemenuhan kualifikasi persyaratan pendaftaran.

Baik itu pendaftaran untuk bekerja, beasiswa maupun kuliah di luar negeri. Agar mendapatkan skor tinggi dan memenuhi kualifikasi persyaratan pendaftaran, terapkan beberapa tipsnya yang akan diuraikan lebih lengkap pada pembahasan berikut.

Berikut Ini Beberapa Tips Lolos Tes TOEFL dan Mendapatkan Nilai Bagus

Diperlukan kedisiplinan tinggi saat menerapkan tips lolos tes TOEFL agar mendapatkan hasil maksimal sesuai harapan. Inilah beberapa tipsnya yang bisa Anda ikuti supaya potensi memperoleh nilai bagus lebih tinggi.

        1. Menyiapkan Materi Belajar

Tips pertama yaitu menyiapkan berbagai materi penunjang belajar. Sumber materi bisa diperoleh dari buku, platform online maupun ikut kursus khusus persiapan ujian TOEFL. Menyiapkan materi akan memudahkan Anda dalam proses belajar.

Menjadi tidak perlu bingung lagi belajarnya dimulai dari mana. Kebingungan ini bisa berdampak terhadap tertundanya belajar yang membuat waktu terbuang sia-sia. Maka dari itu, penting untuk mempersiapkannya dengan baik sebelum dipelajari.

Mengenai materi belajar disesuaikan format ujian TOEFL. Dengan mengetahui seperti apa bentuk dan jenis pertanyaan, menjadi lebih mudah dalam mengatur strategi belajar. Selain itu, bisa lebih fokus terhadap materi tertentu yang relevan dengan TOEFL.

        2. Mempunyai Manajemen Waktu Belajar yang Baik

Tips lolos tes TOEFL selanjutnya yaitu mempunyai manajemen waktu belajar yang baik. Sesudah mempunyai materi, buat jadwal belajar efektif dan terstruktur. Jadwal tersebut dibuat untuk diikuti.

Penting mempunyai disiplin dan komitmen belajar tinggi. Setiap kali belajar tidak harus mengeluarkan waktu banyak. Sedikit tapi rutin setiap hari jauh lebih efektif.

Jadwal belajar ini bisa dibuat pada jangka waktu 3 hingga 6 bulan. Jadwal bukan hanya mencakup waktu, tapi juga materi apa yang ingin pelajari setiap harinya. Setiap harinya bisa dibuat materi berbeda-beda agar tidak bosan.

        3. Berlatih Listening

Salah satu jenis soal yang dianggap sulit oleh banyak orang adalah listening. Kesulitan sesi listening yaitu menangkap seluruh kata yang disampaikan oleh native speaker dalam dialog. Seringkali ada aksen tertentu yang terasa sulit ditebak katanya.

Ada juga dialog mengecoh yang membuat pendengarnya bingung harus menuliskan jawaban apa. Agar lebih lancar saat sesi listening, perlu latihan rutin. Tujuannya agar telinga terbiasa mendengarkan aksen-aksen sulit.

        4. Meningkatkan Skill Membaca

Tips lolos tes TOEFL lainnya adalah meningkatkan skill membaca berbahasa Inggris. Anda bisa mencoba membaca teks singkat berbahasa Inggris. Bisa berupa artikel, berita atau lainnya.

Latihan seperti ini akan memudahkan Anda dalam memahami naskah yang ada sekaligus memperluas kosakata. Selain itu juga lebih mampu menjawab pertanyaan dengan tepat dan cepat.

        5. Latihan Grammar atau Tata Bahasa

Membahas tentang ujian TOEFL tidak terlepas dari grammar atau tata bahasa. Latihan grammar bisa mengembangkan kemampuan menulis menjadi lebih baik. Latihan ini juga memudahkan Anda dalam menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan grammar.

        6. Tidak Terpaku pada Soal Pertanyaan yang Sulit

Tips terakhir yaitu tidak terlalu terpaku pada soal pertanyaan sulit. Dari seluruh soal, biasanya ada beberapa nomor yang dianggap cukup sulit. Agar tidak membuang-buang waktu untuk mengerjakan satu soal, sebaiknya kerjakan yang dianggap mudah lebih dulu.

Mengetahui tips diatas tanpa menerapkannya dengan komitmen tinggi akan menyulitkan Anda mendapatkan nilai bagus. Maka dari itu, penting mengikuti beberapa tips lolos tes TOEFL diatas dengan disertai disiplin tinggi.


Leave a Reply