Beberapa Manfaat Tes TOEFL dan Alasannya Mengapa Penting

Beberapa Manfaat Tes TOEFL dan Alasannya Mengapa Penting

Ada banyak manfaat tes TOEFL atau Test of English as a Foreign Language yang bisa dirasakan. Tapi, masih sedikit yang menyadarinya. ETS atau Educational Testing Service merupakan organisasi pengembang TOEFL.

Tujuan dari mengikuti tes ini adalah untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris. Tes ini dilakukan oleh seseorang yang tidak memakai bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya.

Biasanya hasil tes harus memenuhi nilai minimal. Jumlah nilai minimal yang harus dipenuhi berbeda-beda, bergantung pada kebijakan setiap instansi pendidikan atau perusahaan. Bila ingin mengetahui apa saja manfaat tes satu ini dan alasannya mengapa penting, simak uraian berikut.

Beberapa Manfaat Tes TOEFL Bisa Diperoleh

Tidak sedikit orang yang belajar rajin sebelum mengikuti ujian TOEFL agar memperoleh nilai tinggi. Bahkan sudah mempersiapkan waktu belajar tersebut jauh-jauh hari. Terkait hal ini relevan dengan beberapa manfaat yang nantinya bisa diperoleh, antara lain:

        1. Menguji dan Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Manfaat tes TOEFL pertama yaitu menguji dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki. Maksud dari menguji yaitu mengetahui kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki apakah sudah cukup atau masih kurang dan perlu diperbaiki.

Dengan mengetahui hasil ujian dan ternyata nilainya masih sangat rendah, bisa memperbaikinya dikemudian hari. Evaluasi seperti ini bisa meningkatkan motivasi untuk belajar dan menambah rasa percaya diri.

Sedangkan maksud dari meningkatkan skill berbahasa Inggris yaitu dalam proses persiapan tentunya tidak terlepas dari kegiatan belajar. Di mana dalam belajar tersebut kemampuan bahasa Inggris sedikit demi sedikit mengalami peningkatan cukup signifikan.

        2. Menambah Kesempatan dalam Dunia Karir

Manfaat tes TOEFL selanjutnya adalah menambah kesempatan dalam dunia karir. Sebagian perusahaan, baik itu nasional maupun internasional menjadikan sertifikat TOEFL sebagai salah satu syarat yang wajib dilampirkan saat melamar kerja.

Biasanya perusahaan memberikan syarat demikian karena membutuhkan karyawan yang mahir dalam berbahasa Inggris. Itulah mengapa sertifikat ini begitu penting dimiliki bila ingin mendapatkan kesempatan dunia karir yang lebih luas.

Memiliki sertifikat ini juga bisa meningkatkan level karir menuju jabatan lebih tinggi. Kemampuan berbahasa Inggris yang baik akan menjadi nilai tambah untuk mencapai jabatan lebih tinggi.

        3. Menjadi Salah Satu Syarat Masuk dan Lulus Kuliah

Selain syarat melamar kerja, TOEFL juga menjadi salah satu syarat masuk dan lulus kuliah. Beberapa universitas menjadikan sertifikat ini sebagai salah satu syarat masuk serta lulus kuliah dengan nilai minimum sejumlah tertentu.

        4. Penunjang Pendidikan di Luar Negeri

Manfaat terakhir tes satu ini yaitu sebagai penunjang pendidikan di luar negeri, baik itu sekolah maupun kuliah. Apalagi bila jalur masuk ke institusi pendidikan tersebut lewat jalur beasiswa.

Inilah Alasan Ikut Tes TOEFL Itu Penting

Setelah mengetahui manfaat tes TOEFL, sekarang waktunya memahami alasan mengapa mengikuti ujiannya begitu penting. Tes ini bersifat penting karena telah menjadi standar skala Internasional untuk mengukur tingkat kemahiran atau kemampuan berbahasa Inggris.

Jadi, bila mengabaikannya padahal instansi pendidikan atau perusahaan menjadikan TOEFL sebagai salah satu syarat utama yang harus dipenuhi, jangan kaget ketika langsung gagal pada tahap pendaftaran awal yakni seleksi administrasi.

Mereka memiliki alasan tersendiri mengapa menjadikan sertifikat tersebut syarat utama. Apapun alasannya, bila ingin lolos seleksi hingga tahap akhir, persiapkan tes ini dengan baik agar mendapatkan nilai tinggi.

Minimal mendapatkan nilai minimum sebagaimana yang ditentukan oleh perusahaan maupun instansi pendidikan terkait. Hasil tes ini tidak berlaku selamanya alias memiliki batasan maksimal waktu, yaitu dua tahun. Bila sesudahnya masih perlu sertifikat ini, harus melakukan tes lagi.

Ingin mendapatkan manfaat lebih spesifik untuk menunjang pendidikan maupun pekerjaan, keduanya sama-sama harus dipersiapkan dengan baik. Agar manfaat tes TOEFL yang diperoleh optimal, pelajari dengan sungguh-sungguh sebelum waktu ujian tiba.


Leave a Reply